18 JULI = Hari Nelson Mandela

18 JULI adalah penetapan Hari Nelson Mandela oleh Badan Internasional, PBB. Penetapan hari itu adalah hari kelahiran Nelson Mandela di tahun 1918 atau tepatnya sudah berusia 92 tahun.

Nelson Mandela adalah pejuang kemerdekaan melalui kegiatan anti apartheidnya yang kemudian menjadi Presiden Afrika Selatan (Mei 1994 – Juni 1999). Itu sekilas tentang Nelson Mandela yang sekedar mengingatkan bahwa Beliau adalah Mantan Presiden yang berhasil mencabut sistem apartheid tahun 1994, dimana hak rakyat berlaku untuk semua. Beliau pernah berujar:

”Saya berjuang melawan dominasi kulit putih. Dan saya pun  telah berjuang melawan dominasi kulit hitam. Saya bermimpi akan terbentuknya sebuah masyarakat yang demokratis dan bebas, di mana semuanya hidup bersama secara harmonis.”

Beliau pernah divonis hukuman seumur hidup di tahun 1964 karena telah mengoperasikan organisasi terlarang, ANC, karena adanya tekanan politis baik di Afrika Selatan dan dunia yaitu terjadi huru-hara di Soweto yang berawal dari aksi boikot sekolah, kemudian menjadi pertumpahan darah. Maka pada tahun 1990, presiden Afrika Selatan waktu itu, Frederik Willem de Klerk, membebaskan Nelson Mandela dan beberapa tahanan politis lainnya. Dan ANC sah menjadi organisasi politik di negaranya.

PIALA DUNIA 2010

Mendela juga menyadari peranan turnamen olahraga sepak bola itu bagi persatuan dan pendalaman jiwa patriotisme. Verne Harris, pakar sejarah di Mandela Foundation mengatakan, kesuksesan Piala Dunia sepenuhnya menghilangkan perasaan takut akan rasisme dari masa apartheid.

heheh…. PD kemaren ternyata dapat memberikan pandangan positif untuk negara-negara di dunia  terhadap keadaan Afrika Selatan yang sekarang  (setelah pengahapusan sistem apatheid), mempersatukan bangsa2 dan  sebagai keyakinan masyarakat untuk tidak takut akan rasisme dari masa pemisahan ras dahulu. Hmmm… jangan cuman nonton bolanya duank hehhe, ternyata ada hikmah tersendiri bagi masyarakat Afrika Selatan dari PIALA DUNIA 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s