Pernahkah Anda Mengalami Hipersomnia????

Pernah gak sih kalian dengar kata Hipersomnia? hehehe. Bagi yang belum pernah dengar, bakal aku jelasin deh! Menurut banyak  informasi yang aku dapat, Hipersomnia adalah bertambahnya waktu tidur sampai 25% dari pola tidur biasa. Hipersomnia sementara dapat terjadi pada seseorang yang sehat atau pada usia yang masih dini. Gejala umumnya, biasanya Penderita merasa sangat mengantuk dan sering ingin tidur atau bahkan tertidur bukan pada tempatnya dan bukan pada waktunya tidur (wadwo!!).

Nah, sekarang bagaimana cara pencegahannya???

  • Tidur cukup di malam hari. Kedengarannya sangat sederhana, tapi kebanyakan orang memotong jam tidur mereka satu atau dua jam di pagi atau malam hari untuk melakukan aktivitas lain. Sebagian besar orang dewasa perlu tidur tujuh hingga sembilan jam semalam, dan remaja biasanya memerlukan sembilan jam tidur.
  • Jauhkan pengalih perhatian dari tempat tidur.”Pastikan tempat tidur hanya untuk tidur” . Anda sebaiknya tidak membaca, menonton TV, bermain video games, handphone, atau menggunakan laptop di tempat tidur. Aktivitas tersebut akan membuat Anda tidak bisa tidur.
  • Pastikan bangun pada jam yang sama. Orang-orang dengan gangguan tidur seringkali dianjurkan untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Tapi bagi menderita insomnia atau gangguan untuk tertidur, merupakan hal yang mustahil untuk harus dilakukan.
  • Tidur lebih awal malam secara bertahap. Awal dimaksudkan adalah jam 19.00 – 20.00.
  • Patuhi jadwal makan dan pilihlah makanan sehat. Hindari kebiasaan makan donut dan minum KOPI di pagi hari diikuti sandwich di pertengahan hari. Hal ini bisa membuat Anda kekurangan energi dan memperparah ngantuk. Selain itu, cobalah berhenti makan dua atau tiga jam sebelum jam tidur.
  • Jangan tidur sebelum ngantuk. Cobalah membedakan rasa ngantuk dan lelah. Jika pergi ke tempat tidur saat lelah, kemungkiann Anda tidak akan tertidur. Usahakan pergi ke tempat tidur hanya saat benar-benar ngantuk.Waktu tidur yang paling bermanfaat:
    1. Tidur ketika sangat butuh,
    2. Tidur di awal malam –ini lebih manfaat daripada tidur di akhir malam-,
    3. Tidur di pertengahan siang –ini lebih bermanfaat daripada tidur di waktu pagi dan sore-. Apalagi di waktu pagi dan sore sangat sedikit sekali manfaatnya bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, lebih-lebih lagi tidur di waktu ‘Ashar dan awal pagi kecuali jika memang tidak tidur semalaman.
  • Jangan tidur menjelang sore. Tidur menjelang sore mengganggu tidur malam sehingga memperparah ngantuk di siang harinya.

One thought on “Pernahkah Anda Mengalami Hipersomnia????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s