Cegah Insomia!!!

Insomnia adalah kesukaran dalam memulai atau mempertahankan tidur. Biasanya disebabkan oleh gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur, hal ini biasanya diperberat dengan perilaku yang tidak sehat, seperti tidak teratur jam tidur, seringnya bergadang dan penggunaan kafein. Hal ini banyak menghinggap di kalangan eksekutif muda dan mahasiswa.

Nah untuk pencegahannya dalam mengembangkan good sleep hygiene, berikut beberapa tip dari Mathews yang bisa menjadi panduan Anda:

1. Ciptakan rutinitas tidur yang tenang. Anda bisa merelakskan tubuh dan pikiran dengan melakukan yoga, biofeedback dan meditasi, atau minum segelas susu hangat.

2. Hindari olahraga dalam waktu 4 jam sebelum jam tidur. Meskipun olahraga teratur bisa meredakan stres, tapi bisa juga meningkatkan suhu tubuh, sehingga membuat Anda kesulitan tidur.

3. Hindari kafein, alkohol atau makanan bergula dalam waktu 8 jam sebelum jam tidur.

4. Pastikan agar kamar tidur Anda tetap gelap, sejuk, tenang dan nyaman.

5. Pertahankan jadwal tidur yang teratur, bahkan di akhir minggu.

6. Pergunakan kamar tidur Anda hanya untuk tidur. Gunakan ruangan lain untuk menonton TV. Rencanakan hari Anda sedemikian rupa sehingga pikiran Anda benar-benar fokus hanya menggunakan kamar tidur untuk tidur saja.

Hal yang perlu dihindari:
1. Hindari perut terlalu kosong saat menjelang tidur

2. Hindari penggunaan kafein secara berlebihan seperti kopi, soda, teh dan cokelat.

3. Hindari Obat tidur.

2 thoughts on “Cegah Insomia!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s